SILABUS BHS INGGRIS KELAS XI WAJIB

SILABUS BHS INGGRIS KELAS XI WAJIB

3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
• Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t youtalk to your parents?
What about seeing a doctor now?
You should let them know.
You can use my PC.
Do you need any help?
Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja terkait dengan pemberian saran atau tawaran
(2) Preposition + verb ing
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4) Rujukan kata

Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif
Mengamati
• Siswa menyimak/ mendengarkan ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya dengan memperhatiakan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan maupunformat penyampaian/penulisannya.
• Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan ungkapan yang digunakan.
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai ungkapan memberi saran dan tawaran dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, dan kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb
Mengeksplorasi
• Siswa secara mandiri mencari beberapa teks yang digunakan dalam ungkapan memberi dan dan tawaran dan meresponnya
• Siswa berlatih menggunakan ungkapan tersebut
• Siswa memberi saran dan tawaran melalui tulisan
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
• Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa mendemonstrasikan memberi saran dan tawaran serta meresponnya secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
• Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal).

Kriteria Penilaian
• Pencapaian fungsi sosial memberi saran dan tawaran dan responnya
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memberi saran dan tawaran dan responnya
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Kinerja (Praktik)
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi saran dan tawaran dan responnya .
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi saran dan tawaran serta responnya
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran dan responnya ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman dialog.
• Kumpulan rekam percakapan siswa memberi saran dan tawaran
• Kumpulan hasil tes d0an latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: jurnal. komentar, atau bentuk penilaian lain
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Fungsi Sosial
• Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
menyatakan
pendapat/pikiran
I think …
I suppose…
In my opinion …
Unsur Kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi

Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
• Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
• Siswa menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat dan pikiran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan pendapat dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal). Kriteria Penilaian
• Pencapaian fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Kinerja (Praktik)
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
• Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman dialog.
• Kumpulan rekaman percakapan siswa menggunakan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal, belajar
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks Teks lisan dan tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan:
harapan dan doa
– I hope …
– I wish you all the best. Thank you.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan dan doa dengan ungkapan bersayap (extended)
• Siswa mengikuti interaksi harapan dan doa dengan ungkapan bersayap (extended)
• Siswa menirukan model interaksi harapan dan doa dengan ungkapan bersayap (extended)
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi harapan dan doa dengan ungkapan bersayap (extended) (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan harapan dan doa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan harapan dan doa dengan ungkapan bersayap dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan harapan dan doa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan harapan dan doa dengan ungkapan bersayap dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan penggunaan ungkapan harapan dan doa dalam bahasa Inggris dalam jurnal belajar (learning journal). Kriteria Penilaian
• Pencapaian fungsi sosial ungkapan menyatakan harapan dan doa
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Kinerja (Praktik)
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan harapan dan doa serta responn
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan harapan dan doa ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi sederhana
Fungsi Sosial
Mengundang secara resmi
Struktur
Lisan
– Would you like to join us to our art exhibition
Tulis
– You are invited to the graduation party
– We would like to invite you to the wrap up meeting.
Unsur kebahasaan:
(1) Kata dan tata bahasa baku
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4) Rujukan kata Mengamati
• Siswa mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
• Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
• Siswa membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
• Siswa menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.

Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
• Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam mengundang secara resmi.

Mengeksplorasi
• Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain dari berbagai sumber
• Siswa mengundang dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play dan kegiatan terstruktur

Mengasosiasi
• Siswa menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.
• Siswa menyunting undangan yang diambil dari berbagai sumber
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok

Mengkomunikasikan
• Siswa melengkapi teks undangan resmi dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
• Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
• Dengan menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan

Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
• Melakukan role-play (bermain peran) mengundang secara resmi
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan undangan secara resmi
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi undangan resmi
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca undangan
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks undangan resmi berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Surat pribadi sederhana
Fungsi Sosial
• Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman secara tertulis
• Memberi informasi kepada teman
Struktur
a. Date
b. Salutation: Dear ….
c. Opening paragraph: Greetings, memberi kabar keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan
d. Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
e. Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali
f. Signature
Unsur kebahasaan:
(1) Kata dan tata bahasa baku
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4) Rujukan kata
(5) simple present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi Mengamati
• Siswa memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
• Siswa membacakan contoh-contoh surat pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
• Siswa menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
• Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci

Menanya
• Dengan pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan antara lain fungsi social, struktur dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.
• Siswa mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu

Mengeksplorasi
• Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi yang lain dari berbagai sumber

• Siswa berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
• Siswa menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.

• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi
Mengomunikasi
• Siswa melengkapi surat pribadi sederhana dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
• Siswa berkreasi dalam menuliskan surat pribadi kepada teman/ guru
• Siswa memperoleh penguatan dari guru Kriteria penilaian:
• Ketercapaian fungsi sosial dalam menyampaikan surat pribadi
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis surat pribadi
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan surat pribadi, berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
4.10 Menyunting teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
Tujuan komunikasi :
menyelesaikan pekerjaan, secara lengkap dan urut.
Struktur
menyebutkan bahan/bagian dari benda yang dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah yang dilakukan
Unsur Kebahasaan
(1) simple present tense
(2) imperative,
(3) Nomor yang menyatakan urutan
(4)kata keterangan
(5) ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi. Mengamati
• Siswa membaca/ membacakan/ mendengarkan berbagai macam manual dan tip.
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur yang dibaca, dibacakan, ditonton, dan didengar
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur
Mengeksplorasi
• Siswa berlatih menggunakan kalimat imperative dalam memberikan tip secara lisan dan tulis
• Siswa membacakan manual dan tip kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
• Secara individu siswa menyalin beberapa tips
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan beberapa manual dan tips
• Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas tentang masalah yang dihadapi pada saat membaca, mendengarkan, dan menuliskan manual dan tips dengan fokus pada tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa mempresentasikan beberapa tips yang disalin dari beberapa sumber
• Siswa membuat jurnal belajar Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks prosedur
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Observasi
Tujuan untuk memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penyuntingan teks prosedur berbentuk manual dan tips
• Kumpulan hasil tes dan latihan.

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: jurnal, komentar, atau bentuk penilaian lain
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks Tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
(Passive Voice)
Fungsi Sosial
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
Struktur Teks
Insects are considered dangerous animals.
Tsunami is caused by earthquake affecting the seabed.
Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja be (is/ am/ are/ was/ were) dan verb 3rd form.
(2) tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu melibatkan pelakunya
Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Passive, dalam berbagai konteks.
• Siswa mengikuti interaksi tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa bertanya jawab dengan kalimat Passive dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan dalam bentuk passive dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan kalimat passive yang telah dipelajari dengan kalimat aktive.
• Siswa membandingkan antara kalimat passive dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasi
• Siswa bertanya jawab dengan kalimat passive dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa berkreasi dengan tulisan ilmiah mereka dengan kalimat passive
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan kalimat passive dalam jurnal belajarnya.

Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
• Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk passive
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Conditional Sentence
Fungsi Sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Struktur Teks
– If teenagers eat too much fast food, they can easily become overweight.
– If you excercise regularly, you will get the benefit physically and mentally
Unsur Kebahasaan
– If Clauses dalam simple present
– Main Clause dengan modals can/ will
Topik:
Berbagai hal terkait dengan mengandaikan keadaan/ kejadian/ peristiwa diwaktu yang akan datang Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian, dalam berbagai konteks.
• Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian.
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pengandaian yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis ungkapan pengandaian yang dipelajari dengan memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
• Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian dalam bahasa Inggris dengan ungkapan pengandaian dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan pengandaian yang mereka temukan dari sumber lain
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan yang disampaikan dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa dimasa yang akan datang dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa berkreasi dengan imajinasi mereka dalam teks pengandaian
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan pengandaian dalam bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam jurnal belajarnya. Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
• Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk pengandaian/ If clause
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI
4.13 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
Fungsi sosial
a) Mengamati alam
b) Menulis paparan ilmiah mengenai benda,binatang dan gejal/ peristiwa alam
Struktur
– Klasifikasi Umum tentang binatang/ benda yang ditulis, e.g.
Slow loris is a mammal. It is found in … It is a nocturnal animal. It is very small with ….
– Penggambaran mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
– Simple Present
– Kata kerja yang menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam (be, have etc)
– Kata sifat
– Berbagai kata benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
– ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
– Rujukan kata Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh/ film ilmiah pendek yang disediakan
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual
• Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam paparan tersebut.
• Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report.
Mengeksplorasi
Siswa mendengarkan/ membaca/membacakan teks ilmiah faktual dengan membandingkan berbagai teks report dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
Mengasosiasi
• Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis struktur dan unsur bahasa yang ada dalam beberapa teks report.
• Siswa mendiskusikan gagasan pokok, informasi tertentu dan informasi rinci dari teks report.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok
Mengomunikasi
• Siswa menyalin teks report yang didapatkannya tentang benda, binatang dan gejala alam atau peristiwa lain yang terkait dengan mata pelajaran lain dan membacakannya di kelas
• Siswa menyampaikan laporan berupa catatan (note taking) dari hasil membaca beberapa teks ilmiah faktual.
• Membuat learning journal dalam pembelajaran ini.
• Pada saat yang sama, antar siswa melakukan penilaian sejawat, tentang teks report yang dihasilkan Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ilmiah faktual
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan.
• Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks ilmiah faktual
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum

Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a. Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b. Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi sebagai pendukung
c. Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
– Kalimat Simple Present
– Conditional Clauses
– Modals Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis yang diberikan/ diperdengarkan guru
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
• Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
• Siswa membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks eksposisi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan mendengarkan
• Berkelompok, siswa bertukar cerita tentang teks eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
• Siswa mempresentasikannya di kelas
• Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks eksposisi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami dalam jurnal belajar. Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks eksposisi analitis
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Kinerja (Praktik)
• Melakukan monolog dari teks eksposisi analitis yang ditemukan
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan tips
observasi:
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks eksposisi analitis
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: jurnal belajar

3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15 Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
Fungsi Sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin, melaporkan
Struktur
a. Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b. Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c. Jika perlu, ada kesimpulan umum.

Unsur Kebahasaan
– Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
– Simple, Continuous, Perfect tense
– Penyebutan kata benda
– Modal auxiliary verbs Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks biografi yang diberikan/ diperdengarkan guru secara santun dan tanggung jawab.
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa mengamati keteladanan dari teks biografi yang dipelajari.
• Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks biografi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
• Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa text biografi dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
• Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks biografi sederhana
• Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks biografi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
• Siswa membacakan teks biografi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks biografi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa menceritakan kembali teks biografi sederhana tentang keteladanan dari tokoh terkenal dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
• Siswa membuat kliping teks biografi dengan menyalin dan beberapa sumber.
• Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks biografi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
• Siswa membuat ‘learning journal’ Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Observasi:
Sasaran penilaian adalah:
• Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks biografi
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
• Klipping teks biografi

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: jurnal belajar, komentar, atau bentuk penilaian lain.

3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan kebahassaan dalam lagu
4.16 Menangkap pesan dalam lagu

Lagu
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
• Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
• Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
• Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.
Mengamati
• Siswa mendengarkan lagu yang diperdengarkan
• Siswa menirukan model secara terbimbing.
• Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu tersebut
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan pesan yang disampaikan dari lagu
• Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu tersebut
Mengeksplorasi
• Siswa melengkapi rumpang pada lagu tersebut dengan ungkapan yang benar sesuai dengan model yang dipelajari
• Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
• Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
Mengasosiasi
• Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
• Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin
• Siswa mengaitkan syair lagu dengan ungkapan yang sudah dipelajari
Mengomunikasikan
• Siswa mendemonstrasikan kemahiran mereka menyanyikan lagu tersebut dengan pengucapan dan tekanan kata yang benar.
• Siswa melaporkan kumpulan lagu yang sudah dianalis pesan di dalam lugu-lagu tersebut
• Antar siswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat. Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• kesantunan saat melakukan tindakan
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
Portofolio
• Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
• kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan atau rekaman penilaian diri dan
• penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s