SILABUS BHS INGGRIS KELAS X WAJIB

SILABUS BHS INGGRIS KELAS X WAJIB
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks. Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri
Fungsi sosial
Menjalin hubungan dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan
My name is… I’m … I live in … I have … I like …. dan semacamnya
Unsur kebahasaan:
(1) Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
(2) Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense
(3) Kata tanya What? Who? Which?
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
(5) Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian. Mengamati
• Siswa mendengarkan/membaca pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
• Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan.
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
• Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa teks pemaparan jati diri dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih memaparkan jati diri dengan teman melalui simulasi.
• Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis ungkapan memaparkan jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal). Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memaparkan dan menanyakan jati diri
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

KINERJA (praktik)
• Melakukan monolog yang menyebutkan jati diri didepan kelas
• Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan jati diri
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman penggunaan ungkapan dan skrip percakapan
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis untuk memuji bersayap (extended) serta responnya
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
“Excellent! You really did it well, Tina.” “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It was great. I like it, thank you,”
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi memuji bersayap.
• Siswa mengikuti interaksi memuji bersayap.
• Siswa menirukan model interaksi memuji bersayap
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi memuji bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan memuji bersayap dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa memuji bersayap dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan memuji bersayap yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa memuji dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).

KRITERIA PENILAIAN:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memuji bersayap
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
KINERJA (praktik)
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan pujian dan responnya .
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan pujian serta responnya
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pujian dan responnya ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks. Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
Ungkapan untuk memberi perhatian dan cara meresponnya: You look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian.
• Siswa mengikuti interaksi menunjukkan perhatian.
• Siswa menirukan model interaksi menunjukkan perhatian.
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan menunjukan perhatian yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).

KRITERIA PENILAIAN:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks menunjukkan perhatian
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
KINERJA (praktik)
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan untuk menunjukkan perhatian
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ungkapan untuk menunjukkan perhatian
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukkan perhatian (care) ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi
3.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
Fungsi Sosial
Menyatakan rencana
Struktur Teks
‘I’d like to tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend
Unsur Kebahasaan
Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to …; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
• Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dengan bimbingan guru
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
• Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
Mengekslorasi
• Siswa menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam konteks simulasi, role-play dan kegiatan lain yang terstuktur
• Siswa berusaha menyatakan dan bertanya tentang niat melakukan sesuatu
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan antara ungkapan niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari dengan yang ada dari berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris di dalam dan di luar kelas
• Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)

Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan Bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
3.5. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended)
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Struktur text
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1) Kata dan tata bahasa baku
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.
Mengamati
• Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari berbagai sumber (a.l. film, tape, surat kabar, majalah).
• Siswa membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber
• Siswa bergantian membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat
• Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalamkerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
• Siswa membuat kartu ucapan selamat
• Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman sejawat Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ucapan selamat bersayap
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:
KINERJA (praktik)
• Melakukan role-play (bermain peran) menggunakan ungkapan berbentuk pesan berisi ucapan selamat serta responnya dalam situasi nyata
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ucapan selamat bersayap serta responnya

observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog.
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks ucapan selamat berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
3.6. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.6. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
(Past Simple dan Present Perfect Tense)
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
Struktur teks
I hollered farewells to my friends and poured myself into the car
My friend has prepared everything before we left
Unsur kebahasaan
(1) Past Simple, Present Perfect
(2) Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas. Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Past Simple dan Present perfect tense, dalam berbagai konteks.
• Siswa berinteraksi menggunakan kalimat Past Simple dan Present perfect tense selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat Past Simple dan Present Perfect tense,
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat Past Simple dan Present Perfect tense, (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai past simple dan present perfect yang ada dalam bahasa Inggris, dan perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
• Siswa menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan kalimat Past Simple dan Present Perfect tense yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara kalimat Past Simple dan Present Perfect tense dalam bahasa Inggris dengan kalimat tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan dalam jurnal belajarnya permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya. Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
3.7. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8. Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis sederhana.
4.9. Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
Fungsi sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur text
(1) Penyebutan nama orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
(2) Penyebutan sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya, dan
(3) Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan
(1) Kata benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(2) Kata sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(3) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5) Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
Mengamati
• Siswa memperhatikan / menonton beberapa contoh teks/ film tentang penggambaran orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah.
• Siswa menirukan contoh secara terbimbing.
• Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
• Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks deskriptif
Mengeksplorasi
• Siswa secara kelompok membacakan teks deskriptif lain dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
• Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar.
• Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan
• Berkelompok, siswa menggambarkan tempat wisata lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
Mengasosiasi
• Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan orang, tempat wisata, bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan.
• Siswa mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Berkelompok, siswa menyusun teks deskripsi tentang orang/ tempat wisata/ bangunan bersejarah sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa menyunting deskripsi yang dibuat teman.
• Siswa menyampaikan deskripsinya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
• Siswa membuat kliping deskripsi tentang orang, tempat wisata atau bangunan bersejarah yang mereka sukai.
• Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan tempat wisata dan bangunan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami.
• Siswa dapat menggunakan ‘learning journal’

Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks deskriptif
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
KINERJA (praktik)
• Melakukan monolog tentang deskripsi orang, tempat wisata, bangunan bersejarah terkenal di depan kelas / berpasangan
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks deskriptif
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks deskriptif
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks deskriptif.
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
3.8. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11. Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan)
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa, kepala sekolah, dan staf administrasi
Struktur Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
Mengamati
• Siswa mendengarkan/membaca teks announcement dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
• Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan teks yang digunakan.
• Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi khusus.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai teks pemberitahuan dalam bahasa Inggris, perbedaan teks pemberitahuan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa mencari teks lain untuk mendengarkan/membaca teks announcement dengan strategi yang digunakan dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih membaca teks announcement dengan strategi yang digunakan bersama teman
• Siswa berlatih membuat teks announcement dalam kerja kelompok
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis teks announcement dengan memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
• Siswa membandingkan teks announcement yang didengar/dibacakan dari guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan teks announcement yang mereka temukan dari sumber lain.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa menyampaikan pemberitahuan secara tertulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
• Membuat jurnal belajar (learning journal) Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks announcement
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
KINERJA (praktik)
• Melakukan monolog dalam bentuk pemberitahuan (announcement) di depan kelas
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks pemberitahuan (announcement)
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
– kesantunan saat melakukan tindakan komunikasi
– perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi
– Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
– Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks pemberitahuan
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks pemberitahuan berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
3.9. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13. Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.
4.14. Menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks Teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.
Fungsi sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin, melaporkan.
Struktur
a. Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b. Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c. Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur kebahasaan
(1) Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
(2) Penyebutan kata benda
(3) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(5) Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin. Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks recount tentang pengalaman/kegiatan/kejadianb/peristiwa yang diberikan/ diperdengarkan guru
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa belajar menentukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai teks tentang pengalaman/kejadian/peristiwa yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,.
• Siswa mempertanyakan mengenai gagasan pokok informasi rinci dan informasi tertentu dalam recount
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa text recount dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
• Siswa membacakan teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
• Siswa berlatih menysun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi text recount.
• Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks recount tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa mendiskusikan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
• Siswa membuat teks recount sederhana tentang keteladanan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
• Siswa mempresentasikannya di kelas
• Siswa membuat kliping teks recount dengan menyalin dari beberapa sumber.
• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal) Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
KINERJA (praktik)
• Melakukan monolog dalam bentuk recount dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks recount
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
– kesantunan saat melakukan tindakan
– perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
– Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
– Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks recount.
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks recount berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
• Siswa diberikan pelatihan sebelum dituntut untuk melaksanakannya.

3.9. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.15. Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda, sederhana Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
Fungsi sosial
Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
a. Pengenalan tokoh dan setting
b. Komplikasi terhadap tokoh utama
c. Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(3) Kata-kata terkait karakter, watak, dan setting dalam legenda
(4) Modal auxiliary verbs.
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(6) Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks legenda yang diberikan/ diperdengarkan guru
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa mengamati keteladanan dari cerita legenda
• Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks naratif yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
• Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
• Siswa membaca beberapa text legenda dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
• Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks legenda sederhana
• Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks recount dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
• Siswa membacakan teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks legenda dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa menyampaikan informasi fungsi social, struktur, dan unsur kebahasanyang ditemukan setelah membaca teks legenda.
• Siswa menceritakan kembali teks legenda sederhana yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
• Siswa membuat kliping teks legenda dengan menyalin dan beberapa sumber.
• Siswa membuat ‘learning journal’ Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
KINERJA (praktik)
• Melakukan monolog dalam bentuk teks naratif dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas
• Menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks naratif
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melakukan Komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks naratif
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks naratif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.11. Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16. Menangkap makna lagu sederhana. Lagu sederhana
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi. Mengamati
• Siswa mendengarkan/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
• Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan pesan yang ada dalam lagu bahasa Inggris, perbedaan lagu dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
• Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
Mengeksplorasi
• Siswa membacakan lirik lagu yang disalin kepada teman sebangku
• Siswa menyanyikan lagu yang disalin dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
• Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
Mengasosiasi
• Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
• Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin
Mengomunikasikan
• Siswa melaporkan kumpulan lagu favorit mereka yang sudah dianalis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
• Antarsiswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat. Kriteria penilaian:
• Pencapaian fungsi sosial
• Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif
• Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
– Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
– Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
– Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
• kumpulan hasil tes dan latihan.
• Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s