SILABUS BHS INGGRIS KELAS XI PEMINATAN

3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan untuk menyatakan pendapat dengan penjelasan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan untuk menyatakan pendapat dengan penjelasan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan untuk menyatakan pendapat dengan penjelasan.

Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
Mengucapkan ungkapan untuk menyatakan pendapat dengan penjelasan.
a. I think …, because …
b. I suppose…
c. In my opinion …
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan menyatakan pikiran dan pendapat
• Siswa mengikuti interaksi menyatakan pikiran dan pendapat
• Siswa menirukan model interaksi menyatakan pikiran dan pendapat
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pikiran dan pendapat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan pikiran dan pendapat dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pikiran dan pendapat yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pikiran dan pendapat dalam jurnal belajar (learning journal).
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyatakan pendapat
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menyatakan pendapat
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Kinerja (praktik)
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan untuk menyatakan pendapat dan penjelasan.
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ungkapan menyatakan pendapat dan penjelasan serta responnya
Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal, dan/atau bentuk penilaian lain
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan untuk menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu

Fungsi sosial
untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur Teks
Menyarankan untuk melakukan sesuatu:
a. You’d better finish your work, because…
b. / You should protect our forest as it ….
c. If I were you, I would ….

Menyarankan untuk tidak melakukan sesuatu:
a. You should not litter as it will ..
b. If I were you, I would never kick the animal, because …
c. I don’t think you should ….
d. In my opinion, we’d better not..

Unsur Kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya
• Siswa mengikuti interaksi menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya
• Siswa menirukan model interaksi menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya dalam jurnal belajar (learning journal).

KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Melakukan simulasi/bermain peran dalam menggunakan ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.

3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam teks lisan untuk menelpon dan menerima telepon dalam membuat perjanjian dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3. Menyusun teks lisan untuk menelpon dan menerima telepon dalam membuat perjanjian dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Teks lisan untuk menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
a. Hello, may I talk to …
b. Hello I’m Firda. I would like to …..
c. Hello, this is …., what can I help you?
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru, siswa dan orang lain selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi
• Siswa mengikuti interaksi menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi
• Siswa menirukan model interaksi menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi dalam jurnal belajar (learning journal).
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks lisan menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi
Observasi
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menelpon dan menerima telpon dalam membuat perjanjian dan reservasi ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Penilaian Diri
Bentuk:: jurnal, format khusus, atau bentuk penilaian lain
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4. Menangkap makna dalam brosur, leaflet, banner, dan pamflet.
4.5. Menyusun brosur, leaflet, banner, dan pamflet, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
Fungsi sosial
Mempromosikan kegiatan, program, tokoh, dsb., dengan baik agar menarik perhatian khalayak sasaran.
Struktur teks
Ungkapan yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
Unsur kebahasaan
(1) Kata dan tata bahasa yang lazim
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) rujukan kata
Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai Mengamati
• Siswa membaca beberapa dari berbagai sumber brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan brosur, leaflet, banner, dan pamphlet dari berbagai sumber.
• Siswa belajar membaca cepat untuk menemukan gagasan teks (skimming), dan membaca memindai untuk menemukan informasi tertentu (scanning), serta menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai surat resmi/bisnis dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
• Siswa Menanya cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
Mengeksplorasi
• Siswa membacakan brosur, leaflet, banner, dan pamflet kepada teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
• Siswa membaca brosur, leaflet, banner, dan pamflet untuk mendapatkan informasi.
• Siswa menulis brosur, leaflet, banner, dan pamflet
Mengomunikasikan
• Siswa menggunakan kalimat imperative dan presnt perfect dalam menulis brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
• Siswa mempresentasikan brosur, leaflet, banner, dan pamflet, yang sudah diberbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman
• Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Menjawab pertanyaan tentang isi brosur/ leaflet/ banner dan pamphlet
Proyek
• Membuat brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan membacakan banner, leaflet dan pamphlet
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.6. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian.
(Noun Modifiers)

Fungsi sosial
Menyatakan benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian untuk memberi informasi tambahan.

Struktur teks
a. The tool that can cut the grass is a land mower
b. The person, who makes these statues, is a sculpture
c. The man, whose car is parked outside, has a handsome son.
d. The place, where I was born, has changed a lot

Unsur Kebahasaan
(1). Pewatas (Modifiers):
Which/ that: untuk memberikan keterangan/gambaran mengenai benda/ pernyataan
Who: untuk memberi informasi tambahan mengenai orang
Whose: memberi informasi tambahan tentang kepemilikan
Where: memberi informasi tambahan mengenai tempat
(2). Relative Clauses: kalimat dengan pewatas
(3). Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi

Topik:
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
• Siswa mendengarkan /membaca kalimat tentang benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan dari interaksi tersebut
• Siswa menirukan model interaksi
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi tersebut (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antara berbagai menyatakan dan menanyakan tentang benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian dalam bahasa Inggris, perbedaan kalimat dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa berlatih melengkapi kalimat dengan benda disertai pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian.
• Siswa bertanyajawab menggunakan relative clauses
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan kata benda dengan pewatas dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
MENGASOSIASI
• Siswa membandingkan kata benda dengan pewatas yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara kata benda dengan pewatas dalam bahasa Inggris dengan kata benda dengan pewatas dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
KOMUNIKASI
• Siswa menyatakan dan menanyakan kata benda dengan pewatas dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan kata benda dengan pewatas dalam jurnal belajarnya.
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Melakukan dialog dengan menggunakan pewatas
• Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis benda dengan pewatas
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog dan naskah
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks factual report tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
4.7. Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
4.8. Menyunting teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut.
4.9. Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tertulis factual report tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial

Fungsi sosial:
Menguraikan gambaran umum tentang gejala alam, sosial, dan benda-benda buatan manusia, secara objektif dan ilmiah.
Struktur
a. Penyebutan jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan
b. Deskripsi obyek termasuk nama, sifat dan perilaku yang umum ditemukan/ dilihat.
Unsur kebahasaan
(1) Penyebutan kata benda umum, singular dan plural
(2) Kalimat dengan noun modifiers
(3) Penamaan dengan istilah ilmiah.
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5) Rujukan kata
Topik
Benda, binatang dan gejala/peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI Mengamati
• Siswa membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam teks ilmiah faktual tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
• Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisan teks ilmiah faktual
• Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai factual report dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
• Siswa Menanya cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks ilmiah faktual.
Mengeksplorasi
• Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks faktual report dari berbagai sumber.
• Siswa membacakan teks factual report kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks factual report.
• Siswa menganalisis struktur dan unsure kebahasaan dari teks ilmiah faktual.
• Siswa secara berpasangan menyunting teks ilmiah faktual.
• Siswa secara berkelompok menuliskan teks factual report tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks factual report yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa membuat teks report dan memperagakannya di depan kelas/ majalah dinding kelas
• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal) KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks factual report
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks factual report
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Melakukan monolog berupa teks factual report.
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks faktual report
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog dan naskah
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang
(Present Perfect Continuos Tense)

Fungsi Sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang

Struktur teks
a. The boys have been practising the music for almost two hours.
b. The government has been introducing the new policy for a month.

Unsur Kebahasaan
(1) Kalimat Present Perfect Continuous
(2) tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Present Perfect Continuous Tense, dalam berbagai konteks.
• Siswa mengikuti interaksi tentang tindakan/kejadian kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan Present Perfect Continuous.
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan Present perfect Continuous(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai present perfect continuous yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
• Siswa mencari kalimat Present Perfect Continuous Tense dalam teks biografi
• Siswa menuliskan kalimat Present Perfect Continuous Tense
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang Present Perfect Continuous dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan kalimat Present Perfect Continuous yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara kalimat present perfect continuous dalam bahasa Inggris dengan tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau dalam jurnal belajarnya.

KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan Present Perfect Continuous Tense
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks Present Perfect Continuous Tense
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Menulis kalimat Present Perfect Continuos
• Melengkapi kalimat Present Perfect Continuous Tense
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks mengandung Present Perfect Continuous
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog dan naskah
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11. Menangkap makna dalam teks biografi tokoh terkenal. Teks biografi tentang tokoh terkenal
Fungsi sosial
Meneladani tokoh dalam hal pemikiran, kepahlawanan, keberhasilan, dsb.
Struktur text
a. Penyebutan nama orang, dan latar belakang yang kripsikan
b. Penyebutan sifat dan ciri fisik dari orang yang dideskripsikan
c. Penyebutan tindakan dan keteladanan dari orang terkenal
d. Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
Unsur kebahasaan
Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan
(1) Simple, Continuous, Perfect tense
(2) Penyebutan kata benda
(3) Modal auxiliary verbs.
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5) Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks biografi tokoh terkenal yang diberikan/ diperdengarkan guru secara santun dan tanggung jawab.
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa mengamati keteladanan dari teks biografi yang dipelajari.
• Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai teks biografi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
• Siswa Menanya gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa text biografi tokoh terkenal dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
• Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks biografi tokoh terkenal.
• Siswa membacakan teks biografi tokoh terkenal kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks biografi tokoh terkenal dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Komunikasi
• Siswa menceritakan kembali biografi sederhana tentang keteladanan dari tokoh terkenal dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
• Siswa membuat kliping teks biografi dengan menyalin dan beberapa sumber.
• Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks biografi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
• Siswa membuat ‘learning journal’ KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks biografi
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks biografi
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan teks biografi
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.9 . Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini
(Present Conditional)

Fungsi Sosial
Menyatakan persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu untuk menyatakan penyesalan.
Struktur teks
a. The students could finish their project today, if they worked very hard.
b. I would visit you if I did not have this work

Unsur Kebahasaan
(1) Kallimat pengandaian/ if clause diawali If..dengan kondisi dalam bentuk Past Tense diikuti Main Clause dengan would/could dan kata kerja present.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian, dalam berbagai konteks.
• Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian (present conditional).
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai pengandaian yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa berlatih menggunakan kalimat pengandaian
• Siswa menggunakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakantentang pengandaian sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan pengandaian yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa berkreasi dengan imajinasi mereka dalam teks pengandaian
• Siswa menuliskan jurnal belajarnya KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Melakukan dialog dalam pengandaian present
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis present conditional
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog dan naskah
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau
(Past Conditional)

Fungsi sosial
• Menyatakan dan menanyakan pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau
• Penyesalan

Struktur Teks
The lanslide would not have happened, if they hadn’t cut the trees excessively

Unsur Kebahasaan
(1) Kalimat pengandaian/ If Clause dengan kata kerja dalam bentuk Past Perfect
(2) Main Clause dengan modals Past dan kata kerja Perfect tense
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian yang tidak nyata pada waktu lampau, dalam berbagai konteks.
• Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian lamapu selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian lampau
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian lampau (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan pengandaian lampau yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian lampau dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan pengandaian lampau dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan pengandaian lampau yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian lampau dalam bahasa Inggris dengan ungkapan pengandaian dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
• Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian lampau dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian lamapau dalam jurnal belajarnya.
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan Past Conditional
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur Past Conditional
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
Melakukan dialog dengan bentuk Pengandaian lampau
Observations):
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks pengandaian lampau
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog dan naskah
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian
3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi hortatori tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.14. Menangkap makna dalam teks eksposisi hortatori tentang topik yang hangat dibicarakan umum.
4.15. Menyunting teks ekspisisi hortatori, lisan dan tulis, tentang topik yang hangat dibicarakan umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.16. Menyusun teks eksposisi hortatori, lisan dan tulis, tentang topik yang hangat dibicarakan umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis eksposisi hortatori tentang topik yang hangat dibicarakan umum

Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a. Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b. Menybutkan pandangan / pendapat mengenai permasalahan tersebut beserta ilustrasi sebagai pendukung
c. Diakhiri dengan jalan keluar/ solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Unsur Kebahasaan:
(1) Kalimat Simple Present
(2) Conditional Clauses
(3) Modals
(4) Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi hortatori yang diberikan/ diperdengarkan guru
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi hortatori
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa Menanya gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa text eksposisi hortatori dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
• Siswa mengedit teks eksposisi hartatori dari segi struktur dan unsure kebahasaan.
• Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi hortatori dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
• Siswa membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks eksposisi hortatori dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa mempresentasikan teks eksposisi hartatori hasil suntingan kelompok.
• Siswa mempublikasikan teks eksposisi hartatori di Mading Kelas
• Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks eksposisi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
• Siswa membuat ‘learning journal’ KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks eksposisi
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks eksposisi
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Melakukan monolog berupa teks eksposisi hortatori iObservasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks eksposisi hortatori
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog dan tulisan eksposisi.karya suntingan dan asli
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.12 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.17. Menangkap makna teks naratif berbentuk cerita pendek.
Teks lisan dan tulis dalam bentuk cerita pendek

Fungsi Sosial
Menghibur pembaca dengan alur cerita yang menarik

Struktur teks
a. Latar belakang cerita (pengenalan tokoh, setting cerita)
b. Permasalahan diantara tokoh dalam cerita
c. Jalan keluar dari masalah

Unsur Kebahasaan
(1) Kalimat kalimat dalam Simple Present/ Past Tense dan Continuous
(2) Kata kata sifat terkait dengan tokoh cerita
(3) Kata sambung
(4) Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi guru dan siswa didalam dan diluar kelas

Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks cerita pendek yang diberikan/ diperdengarkan guru
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa belajar mementukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks cerita pendek
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar tentang cerita pendek yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,.
• Siswa Menanya mengenai gagasan pokok informasi rinci dan informasi tertentu dalam recount
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa text cerita pendek dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
• Siswa membacakan cerita pendek kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
• Siswa berlatih menysun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi cerita pendek
• Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin cerita pendek dari teks cerita pendek lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman/ /peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa saling menganalisis cerita pendek tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa mendiskusikan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa mengisi rumpang dari cerita pendek sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
• Siswa membuat kliping cerita pendek dengan menyalin dan beberapa sumber.
• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
• Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks cerita pendek selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
• Siswa menggunakan ‘learning journal’ KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks cerita pendek
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks cerita pendek
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan teks cerita pendek
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa kliping
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.13 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks proverb, riddle, dan poem, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.18. Menangkap makna proverb, riddle, dan poem.

Proverb, riddle, dan poem

Fungsi Sosial
Riddles: menghibur dengan kejenakaan
Proverbs: melestarikan nilai kehidupan yang bijak
Poem: menghibur dan menghargai karya sastra

Struktur Teks

a. Riddles: What has four legs but cannot wallk? Table
b. Proverbs:Every cloud has a silver lining
c. Poems: Kalimat lepas yang mempunyai sajak/ irama

Unsur Kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa yang baku dalam proverb, puisi, dan teka-teki
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, cinta damai, dan tanggung jawab.
Mengamati
• Siswa menyimak berbagai contoh teks proverb, riddle, dan poem, yang diberikan/ diperdengarkan guru
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
• Siswa belajar mementukan struktur dan makna dari teks proverb, riddle, dan poem, dari teks recount
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan fungsi sosial, struktur dan makna antara teks proverb, riddle, dan poem, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,.
• Siswa Menanya mengenai makna dibalik teks yang dipelajari
Mengeksplorasi
• Siswa mencari beberapa teks proverb, riddle, dan poem, dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menemukan makna tertentu dari teks proverb, riddle, dan poem,
• Siswa membacakan teks proverb, riddle, dan poem, kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
• Siswa berlatih menebak/ menentukan arti dan menghargai karya sastra
Mengasosiasi
• Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks proverb, riddle, dan poem, tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa mendiskusikan makna dan informasi tertentu dari teks.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa membuat kliping teks proverb, riddle, dan poem, dengan menyalin dan beberapa sumber.
• Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis. jurnal belajar tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks teks proverb, riddle, dan poem, selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.

KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks proverb, riddle, dan poem
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan teks proverbs, poems dan riddles
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa kliping
• Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.14 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.19. Menangkap makna lagu. Lagu
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi Mengamati
• Siswa mendengarkan berbagai lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
• Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
• Siswa belajar membaca intensif untuk menemukan informasi rinci dan nentukan jedah yang tepat untuk membaca bermakna
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk Menanya pesan pada lagu yang didengar atau dibaca.
• Siswa Menanya cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dalam lagu
Mengeksplorasi
• Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
• Siswa belajar menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu
• Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil tentang pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca
Mengasosiasi
• Siswa dalam kelompok menganalisis pesan dari lagu yang didengar/dibaca
• Siswa membuat beberapa catatan
Mengomunikasikan
• Siswa menyalin lagu dengan tulisan yang rapi dan menuliskan pesan yang disampaikan dalamnya.
• Siswa melaporkan hal-hal yang dipelajari dari lagu dan kesulitan dalam menentukan pesan lagu tersebut dalam bentuk jurnal.
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks lagu
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks lagu
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi .
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penulisan lagu
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar,berupa kumpulan lagu
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s