SILABUS BHS INGGRIS KELAS XII PEMINATAN

3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan untuk minta persetujuan atas penyataan/pendapat/ ide dengan penjelasan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide.
Fungsi sosial
• Mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ ide untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Struktur Teks
a. Don’t you think …?
b. That’s (very) true, isn’t it?
c. I think this is great. I think so.
d. I don’t think it’s a good idea.Come on.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton interaksi/mendapatkan persetujuan atas pernyataaan/ pendapat/idenya

• Siswa menirukan model interaksi mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide

• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
Siswa membandingkan ungkapan mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain dan dengan ungkapan dalam bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
• Siswa bermain simulasi dalam menggunakan pernyataan untuk mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide
• Siswa mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide dalam jurnal belajar (learning journal). KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ ide
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ide
Observasi
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk mendapatkan persetujuan atas penyataan/pendapat/ ide muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan berupa ungkapan persetujuan yang disalin dengan tulisan tangan
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Kumpulan rekaman dialog yang berisi ungkapan mendapatkan persetujuan atas pernyataan/pendapat/ide
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan untuk menawarkan barang dan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan barang dan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis untuk menawarkan barang dan jasa, serta responnya.

Fungsi sosial
menawarkan barang dan jasa untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Struktur Teks
a. May I help you?
b. What can I do for you?
c. A cup of nice tea?
d. Marni, I have some candies, do you want some?
e. I bring several interesting books, would you like to see them?
f. Would you like me to do this for you?
g. I’d love to, but I have to do it by myself.
h. I’m not really interested in it.
i. Yes, please.
j. I’d love to, but …. No, I’m okay. Thanks a lot.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton penggunaan ungkapan menawarkan barang dan jasa dalam percakapan guru dengan teman dan orang lain
• Siswa mencoba menirukan pengucapannya.dan penulisan ungkapan menawarkan barang dan jasa yang digunakan.
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan barang dan jasa (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk Menanya fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan barang dan jasa yang digunakan.
Mengeksplorasi
• Siswa mencari ungkapan lain untuk menawarkan barang dan jasa dari berbagai sumber.
• Siswa berlatih menggunakan ungkapan menawarkan barang dan jasa dengan teman melalui simulasi atau bermain peran.
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis ungkapan menawarkan barang dan jasa dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
• Siswa membandingkan ungkapan menawarkan barang dan jasa yang digunakan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan menawarkan barang dan jasa yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa menampilakn simulasi/bermain peran tentang penggunaan ungkapan menawarkan barang dan jasa.
• Siswa menggunakan ungkapan menawarkan barang dan jasa dalam kegiatan berbagai kegiatan
• Membuat jurnal belajar (learning journal) KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial menawarkan barang dan jasa
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menawarkan barang dan jasa
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan barang dan jasa dan responnya
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menawarkan jasa serta responnya
Observasi
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan barang dan jasa ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan berupa menawarkan barang dan jasa
• Kumpulan catatan kemajuan belajar
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
• Kumpulan rekaman dialog yang berisi ungkapan menawarkan barang dan jasa
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang pewatasnya berupa fakta, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda disertai pewatas berupa fakta, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda disertai pewatas (modifiers) berupa fakta.
Fungsi sosial
Menyatakan benda disertai pewatas berupa fakta untuk memperjelas informasi.
Struktur Teks
a. The arguments given to support his idea is based on the data..
b. Fear of losing power causes people in power to do everything
c. The movie released last week has attracted many people to watch it.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa membaca/mendengarkan berbagai kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta ,sesuai dengan konteks penggunaannya

• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk Menanya tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam, kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta, sesuai dengan konteks penggunaannya

Mengeksplorasi
• Siswa mencari kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta dari berbagai sumber.

• Siswa berlatih menggunakan kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta dengan teman

Mengasosiasi
• Siswa menganalisis kalimat pernyataan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.

• Siswa membandingkan kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta yang digunakan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Siswa melaporkan/mempresentasikan kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta yang mereka buat.
• Siswa memperoleh penguatan atas hasil kerjanya.
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Melengkapi kalimat dengan benda yang diserati pewatas berupa fakta
• Menyusun kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang benda yang disertai pewatas berupa fakta
Observasi
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda disertai pewatas berupa fakta,ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan tentang benda disertai pewatas berupa fakta,ketika muncul kesempatan.
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menyatakan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Modals With Perfect Forms)
Fungsi sosial
Menggunakan modalitas terkait dengan tindakan/ keadaan waktu lampau untuk menyatakan penyesalan
Struktur Teks
a. The government should have limited the use of subsidized fuel at this moment.
b. She would have waited for him by now
c. Bima could have gone to his office this morning.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa membaca/mendengarkan berbagai pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau,sesuai dengan konteks penggunaannya

• Siswa memperhatikan tujuan dan unsur kebahasaan untuk mernyatakan dan menanyakan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau,sesuai dengan konteks penggunaannya

• Siswa meniru cara mengungkapkan pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau,sesuai dengan konteks penggunaannya secara lisan dan tulis, sebagaimana dicontohkan.

Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk Menanya tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya

Mengeksplorasi
• Siswa mencari pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau dari berbagai sumber.

• Siswa berlatih menggunakan pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau dengan teman
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.

• Siswa membandingkan pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang digunakan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.

• Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
• Siswa melaporkan/mempresentasikan pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
• Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman. KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Membuat kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam pernyataan dan pertanyaan tentang modalitas terkait dengan tindakan/keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
Observasi
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang modalitas terkait dengan tindakan/ keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar tentang modalitas terkait dengan tindakan/ keadaan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya

Fungsi sosial
Menyatakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya.
Struktur Teks
a. This is such an interesting idea that I have to admire.
b. Handi is so calm that everyone loves him.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa mendengarkan /membaca berbagai teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya,sesuai dengan konteks penggunaannya

• Siswa mengamati tujuan dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya dari berbagai sumber.

• Siswa meniru cara menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya,sesuai dengan konteks penggunaannya sebagaimana dicontohkan.
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk Menanya tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam, menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya , serta perbedaannya dengan ungkapan lain dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Mengeksplorasi
• Siswa mencari pernyataan dan pertanyaan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya dari berbagai sumber.

• Siswa berlatih menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya dengan teman
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis pernyataan dan pertanyaan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
• Siswa membandingkan kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya yang digunakan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang pernyataan dan pertanyaan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
• Siswa melaporkan/mempresentasikan kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya

• Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman.
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Membuat kalimat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya
Observasi
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar tentang keterkaitan antara keadaan benda dengan pengaruhnya
• Kumpulan hasil tes dan latihan.

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.6 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian

Fungsi sosial
Menyatakan keterkaitan waktu antar tindakan/ kejadian untuk memperjelas informasi.
Struktur Teks
a. Before I left, I have handed in my work.
b. After joining this game, I have got some new vocabulary.
c. Before coming here, I have called him several times.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
• Siswa mendengarkan /membaca berbagai teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian,sesuai dengan konteks penggunaannya

• Siswa mengamati tujuan dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian dari berbagai sumber.

• Siswa meniru cara menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian,sesuai dengan konteks penggunaannya sebagaimana dicontohkan.

Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk Menanya tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam, menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian , serta perbedaannya dengan ungkapan lain dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Mengeksplorasi
• Siswa mencari pernyataan dan pertanyaan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian dari berbagai sumber.

• Siswa berlatih menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian dengan teman

Mengasosiasi
• Siswa menganalisis pernyataan dan pertanyaan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/ kejadian dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.

• Siswa membandingkan kalimat menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian yang digunakan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
• Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang pernyataan dan pertanyaan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
• Siswa melaporkan/mempresentasikan kalimat menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian

• Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman.
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Membuat kalimat untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian
Observasi
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar tentang keterkaitan waktu antar tindakan/kejadian
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat resmi/bisnis, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7 Menangkap makna surat resmi/bisnis.
4.8 Menyusun surat resmi/bisnis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks berbentuk surat resmi/bisnis.
Fungsi sosial
Membuat surat resmi/bisnis dengan baik, untuk membuat pembaca terkesan sehingga mencapai tujuannya.
Struktur teks
Teks yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: surat resmi/bisnis
Unsur kebahasaan
(1) Kata dan tata bahasa yang lazim
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) rujukan kata
Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.
Mengamati
• Siswa membaca beberapa surat resmi/bisnis dari berbagai sumber
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan surat resmi/bisnis dari berbagai sumber.
• Siswa belajar membaca cepat untuk menemukan gagasan teks (skimming), dan membaca memindai untuk menemukan informasi tertentu (scanning), serta menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai surat resmi/bisnis dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
• Siswa Menanya cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam surat resmi/bisnis
Mengeksplorasi
• Siswa membacakan surat resmi/bisnis kepada teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dalam surat resmi/bisnis
• Siswa menulis surat resmi/bisnis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang surat resmi/bisnis yang ditulis.
• Siswa melakukan perbaikan terhadap surat resmi/bisnis yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis berbagai surat resmi/bisnis dan membandingkannya dengan contoh yang diberikan
• Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam surat resmi/bisnis
• Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis surat resmi/bisnis dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
• Melaporkan hasil membaca surat resmi/bisnis dan mempublikasikan surat resmi/bisnis yang dibuat di Mading kelas.
• Siswa mendapat penguatan dari guru dan teman.

KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan surat resmi/bisnis
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat resmi/bisnis
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan surat resmi/bisnis
CARA PENILAIAN:
Observasi
Tujuan memberi balikan.
• Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menulis surat surat resmi/bisnis
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan surat lamaran kerja berupa:draft, revisi, editing dan publikasi
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar surat resmi/bisnis
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
• Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pembaca, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menangkap makna surat pembaca
4.10 Menyusun surat pembaca, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Surat Pembaca
Fungsi sosial
Membuat surat pembaca dengan baik, untuk membuat pembaca terkesan sehingga mencapai tujuannya.
Struktur teks
Teks yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: surat pembaca
Unsur kebahasaan
(1) Kata dan tata bahasa yang lazim
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4) rujukan kata
Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.
Mengamati
• Siswa membaca beberapa surat pembaca dari berbagai sumber
• Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan surat pembaca dari berbagai sumber.
• Siswa belajar membaca cepat untuk menemukan gagasan teks (skimming), dan membaca memindai untuk menemukan informasi tertentu (scanning), serta menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai surat pembaca dalam bahasa Inggris, perbedaan surat pembaca dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
• Siswa Menanya cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam surat pembaca.
Mengeksplorasi
• Siswa membacakan surat pembaca kepada teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu, dan informasi rinci dalam surat pembaca
• Siswa menulis surat pembaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang surat pembaca yang ditulis.
• Siswa melakukan perbaikan terhadap surat pembaca yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis berbagai surat pembaca dan membandingkannya dengan contoh yang diberikan
• Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam surat pembaca.
• Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis surat pembaca dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Komunikasi
• Siswa mempresentasikan surat pembaca yang sudah diberbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman
• Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan surat pembaca
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur surat pembaca

• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi
Tujuan memberi balikan.
• Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menulis surat pembaca

Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan surat pembaca berupa:draft, revisi, editing dan publikasi
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa surat pembaca
• Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun
Fungsi sosial
Menyatakan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun untuk menunjukan kondisi dan konsekuensi kejadian
Struktur teks
a. In case Ari has been promoted to be a manajer, we have to suppor him.
b. In the event that he was accusted a provocator of the company demonstration, he was put in jail.
c. .On the condition that Merry have to go to school in the heavy rain, she prepared a rain coat..
Unsur kebahasaan
Kata penghubung ketetapan: eventhough, although, despite, in spite of tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
MENGAMATI
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat dengan ungkapan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun, dalam berbagai konteks.
• Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat tentang pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
MENANYA
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan tentang pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa mencari pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun dalam bahasa Inggris dari berbagai sumber.
• Siswa membuat kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun dalam bahasa Inggris dalam selama proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan kalimat tentang pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara kalimat tentang pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun dalam bahasa Inggris dengan kalimat tentang pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
• Siswa membuat pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris tentang pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun dalam jurnal belajarnya.

KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Membuat kalimat untuk menyatakan dan menanyakan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam pernyataan dan pertanyaan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun
Observasi
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar tentang ketetapan terjadinya atau dilakukannya sesuatu dalam kondisi apapun
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/ dilakukannya sesuatu (Conditional Sentences)
Fungsi sosial
Menyatakan persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu untuk memberi saran, menyampaikan akibat, dan konsesi
Struktur teks
a. I would join the contest if I were ready.
b. If Rony had called me first I would have tried to welcome him.
c. Ihsan and Maya have no eager to persuade Joni; unless he has willingness to realize.
d. Juan would study abroad only if his father let him leave.
Unsur kebahasaan
Kata persyaratan : if, unless, if only; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu, dalam berbagai konteks.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengid pernyataan dan entifikasi ciri-ciri kalimat tentang pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan tentang pernyataan dan pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa mencari pernyataan dan pertanyaan tentang pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa berusaha menemukan pernyataan dan pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan ungkapan tentang pernyataan dan pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara ungkapan tentang pernyataan dan pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan tentang pernyataan dan pertanyaan tentang tentang pengandaian dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
• Siswa membuat pernyataan dan pertanyaan tentang tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris tentang pernyataan dan pertanyaan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu dalam jurnal belajarnya KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/ dilakukannya sesuatu
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/ dilakukannya sesuatu
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
• Kesesuaian format penulisan
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Membuat kalimat untuk menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/ dilakukannya sesuatu
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu
Observasi
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu ketika muncul kesempatan.
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar tentang persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pembahasan ilmiah (discussion) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13 Menangkap makna dalam teks pembahasan ilmiah (discussion) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial.
4.14 Menyunting teks pembahasan ilmiah (discussion) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial , dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15 Menyusun teks pembahasan ilmiah (discussion) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial , dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Teks pembahasan ilmiah (discussion) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial
Fungsi sosial
Membahas lebih dari satu sudut pandang tentang suatu hal untuk mendapatkan pandangan yang seimbang.
Struktur text
a. Isu yang dibahas, dalam bentuk pernyataan dan preview
b. Serangkaian argumentasi yang mendukung dan tidak mendukung atau pernyataan atau pandangan yang berbeda, yang terdiri atas poin yang dibuat dan rinciannya
c. Kesimpulan atau saran
Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja yang terkait dengan keadaan, tindakan, pandangan, pendapat, dalam Simple Present tense.
(2) Penyebutan kata benda umum, singular dan plural tentang obyeknya (human dan non-human)
(3) Penggunaan kata penghubung untuk mengontraskan dan mengurutkan, seperti on the other hand, conversely, because, consequently, thus, dsb.
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5) Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Kegiatan, kebiasaan, keadaan yang mempengaruhi kehidupan siswa sebagai warga sekolah maupun warga masyarakat, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, toleran, tanggung jawab, ramah lingkungan, dan cinta damai.
Mengamati
• Siswa membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks discussion tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial dari berbagai sumber.
• Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya teks discussion.
• Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi khusus.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan berbagai teks discussion tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks discussion dari berbagai sumber.

• Siswa membacakan teks discussion kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat.

• Siswa mengedit teks discussion tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan social yang belum sesuai struktur dan unsur kebahasaan.

• Siswa secara berkelompok menuliskan teks discussion tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
• Siswa membaca teks discussion tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan social dengan menerapkan strategi membaca.
• Secara berpasangan siswa saling mengedit teks discussion yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
• Siswa membuat laporan/mempresentasikan hasil membaca dan menyunting teks discussion tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan social.

• Siswa mempublikasikan hasil menyunting dan menulis teks discussion tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan social di Mading Kelas.

• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks discussion
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks discussion
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Unjuk kerja
• Melakukan monolog berupa teks discussion tentang benda, binatang dan gejala/ peristiwa alam dan sosial di depan kelas / berpasangan
• Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan teks discussion Observasi
Untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
• Ketepatan dan kesesuaian dalam menulis teks discussion
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
• Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar siswa dalam melakukan monolog dan penyusunan teks tulis ilmiah faktual tentang benda, binatang dan gejala/ peristiwa alam
• Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks tulis ilmiah faktual berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain

3.12 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ulasan (review), tentang film, novel, buku, dan karya lain, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.16 Menangkap makna teks ulasan (review), tentang film, novel, buku, dan karya lain.

Teks ulasan (review), tentang film, novel, buku, dan karya lain.
Fungsi sosial
Memberikan ulasan atau kritik tentang karya seni atau pertunjukan.
Struktur text
a. Orientasi: menempatkan karya dalam konteks umum dan khusus, seringkali dengan membandingkan dengan karya lain sejenis
b. Ulasan interpretatif: merangkum jalan cerita atau alur kegiatan dan menjelaskan latar belakangnya
c. Evaluasi: penilaian yang diberikan secara berulang
d. Rangkuman penilaian (opsional): pernyataan hasil penilaian secara umum
Unsur kebahasaan
(1) Fokus pada obyek yang khusus
(2) Kalimat yang menyatakan pendapat dengan menggunakan kata-kata sikap dan penilaian secara kualitatif dan afektif
(3) Penggunaan bahasa metafora untuk menegaskan sikap dan penilaian
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5) Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Film, buku, novel, drama, pameran, konser, dsb., untuk Menunjukan kemampuan menghargai karya seni dengan sikap kritis.
Mengamati
• Siswa membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam review tentang karya seni dari berbagai sumber.
• Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisan teks review.
• Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming, scanning untuk mendapatkan informasi khusus, dan inferencing untuk mendapatkan informasi rinci dan kesimpulan.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai teks ulasan (review), tentang film, novel, buku, dan karya lain.dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks review dari berbagai sumber dengan menerapkan strategi membaca.

• Siswa membacakan teks review kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

Mengasosiasi
• Secara berpasangan menganalisis teks review yang dibaca dari berbagai sumber dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa mengelompokan teks ulasan (review), tentang film, novel, buku, dan karya lain

• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
• Siswa melaporkan/mempresentasikan teks ulasan (review), tentang film, novel, buku, dan karya lain.yang dibaca/didengar.

• Siswa membuat kliping teks review dengan menyalin dan beberapa sumber.

• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks ulasan (review),
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ulasan (review),
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
CARA PENILAIAN:
Observasi
Tujuan memberi balikan.
• berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, a.l. laporan kemajuan, jadwal kerja, jurnal, buku harian, dsb.
• Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa cerita tertulis Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.13 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk novel populer pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.17 Menangkap makna teks naratif berbentuk novel populer pendek. Teks naratif berbentuk novel populer pendek

Fungsi Sosial
Menghibur dan meneladani nilai-nilai moral dan budaya.
Struktur Teks
a. Pengenalan tokoh dan setting
b. Komplikasi terhadap tokoh utama
c. Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(1) Kata-kata terkait karakter, watak, dan setting dalam setiap cerita
(2) Conditional sentence
(3) Modal with perfect forms
Topik

Teks novel yang dibaca dan dihasilkan siswa bermanfaat untuk memberikan teladan tentang perilaku jujur, percaya diri, toleran dan tanggung jawab.
Mengamati
• Siswa membaca beberapa novel populer pendek dari berbagai sumber.
• Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya novel populer pendek
• Siswa belajar membaca melalui proses scanning untuk mendapatkan informasi khusus dan inferencing untuk mendapatkan informasi rinci serta kesimpulan.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan berbagai novel populer pendek dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.

Mengeksplorasi
• Siswa membaca/membacakan beberapa novel populer pendek dari berbagai sumber.

• Siswa membuat ringkasan dari novel populer pendek yang dibaca dengan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan yang tepat.

Mengasosiasi
• Secara membandingkan beberapa novel populer pendek yang dibaca dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
• Siswa melaporkan/mempresentasikan ringkasan novel populer pendek yang dibaca.

• Siswa mendapat penguatan dari guru dan teman tentang ringkasan novel populer pendek

• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal) KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial novel populer pendek
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur novel populer pendek
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi
Untuk tujuan memberi balikan.
• berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
Portofolio
• Kumpulan hasil atau capaian belajar berupa ringkasan novel, hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan
• Catatan evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.14 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks humor/anekdot, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.18 Menangkap makna humor/anekdot.
Teks humor/anekdot.

Fungsi Sosial
Berbagi kejadian lucu/tidak biasa (unusual) berdasarkan khayalan atau peristiwa nyata yang bertujuan menghibur.

Struktur Teks
Teks yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik.

Unsur Kebahasaan
(1) Seruan/kata seru, pertanyaan retorik dan kata kata seperti listen to this! And you know what? It’s awful, isn’t it? dsb
(2) Action verbs, misalnya run, jump, hit, dsb
(3) Conjunction yang berhubungan dengan waktu, seperti then, afterward, next, dsb
(4) Past time: past simple/past progressive/ past perfect/past perfect progressive.
(5) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

Topik

Teks anecdote yang dibaca dan dihasilkan siswa bermanfaat untuk memberikan teladan tentang perilaku jujur, percaya diri, toleran dan tanggung jawab Mengamati
• Siswa membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks humor/anekdot dari berbagai sumber.
• Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya teks humor/anekdot
• Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi khusus serta inferencing untuk mendapakan informasi rinci dan kesimpulan
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan antar berbagai teks humor/anekdot dalam bahasa Inggris, perbedaan teks humor/anekdot dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
• Siswa membaca/mendengarkan/menonton beberapa humor/anekdot dari berbagai sumber.

• Siswa membacakan teks humor/anekdot kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

Mengasosiasi
• Secara menganalisis teks humor/anekdot dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Komunikasi
• Siswa membuat kliping teks humor/anekdot dengan menyalin dan beberapa sumber.

• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal) KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks humor/anekdot
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks humor/anekdot
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi
Untuk tujuan memberi balikan.
• berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
Portofolio
• Kumpulan hasil atau capaian belajar berupa hasil tes, ujian, nilai, latihan.
• Catatan atau evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, berupa komentar, checklist, penilaian

3.15 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam teks wise words dan poem, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.19 Menangkap makna teks wise words dan poem Teks wise words dan poem.
Fungsi sosial
Menyatakan kebenaran, memberikan nasehat atau pesan moral, dan menghibur
Struktur teks
Teks yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
a. Kata dan tata bahasa yang lazim
b. Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
c. Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
• Siswa mendengarkan/menonton /membaca teks wise words dan poem dari berbagai sumber
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri teks wise words dan poem (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa Menanya antara lain perbedaan berbagai teks wise words dan poem dalam bahasa inggris perbedaan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
• Mengeksplorasi
• Siswa mengucapkan wise words dan poem dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa membacakan wise words dan poem kepada teman
• Siswa berlatih menentukan makna wise words dan poem yang dibaca/didengar
Mengasosiasi
• Siswa membandingkan wise words dan poem yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
• Siswa membandingkan antara wise words dan poem dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan
• Siswa membacakan wise words dan poem dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa menuliskan jurnal belajar (learning journal).
KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial mengucapkan rasa simpati
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks mengucapkan wise words dan poem.
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
CARA PENILAIAN:
Tertulis
• Menyusun kata menjadi wise word
• Menyusun kalimat menjadi poem
• Menjawab pertanyaan tentang makna teks wise word dan poem
Observasi
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Portofolio
• Kumpulan catatan kemajuan belajar tentang makna teks wise word dan poem
• Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
3.16. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.20. Menangkap makna lagu. Lagu
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Struktur Teks
a. Intro: awal sebuah lagu/pengantar
b. Verse (bait): bagian basa basi
c. Chorus: bagian lagu yang sering diulang ulang/bagian inti atau utama.
d. Bridge: yang menjembatani antar bagian bagian
e. Interlude: bagian yang diisi oleh instrument music bukan vokal
f. Ending: bagian penutup
Unsur kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

Mengamati
• Siswa mendengarkan berbagai lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
• Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
• Siswa belajar membaca intensif untuk menemukan informasi rinci dan nentukan jedah yang tepat untuk membaca bermakna
Menanya
• Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk Menanya pesan pada lagu yang didengar atau dibaca.
• Siswa Menanya cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dalam lagu
Experimen/explore
• Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
• Siswa belajar menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu
• Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil tentang pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca
Mengasosiasi
• Siswa dalam kelompok menganalisis pesan dari lagu yang didengar/dibaca
• Siswa membuat beberapa catatan
Komunikasi
• Siswa menyalin lagu dengan tulisan yang rapi dan menuliskan pesan yang disampaikan dalamnya.
• Siswa melaporkan hal-hal yang dipelajari dari lagu dan kesulitan dalam menentukan pesan lagu tersebut. KRITERIA PENILAIAN:
• Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks lagu
• Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks lagu
• Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
• Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
CARA PENILAIAN:
Observasi .
• Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
• Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penulisan lagu
• Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
• Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
• Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s